Tuesday, December 6, 2011

Blade Server


Pada zaman yang semakin canggih ini, ditemukan lagi istilah Server Blade. Dunia teknologi komputasi saat ini terus berkembang demi keuntungan – keuntungan yang dihadirkan. Komputasi modern terus dan selalu dikembangkan setiap saat. Dalam artikel ini Saya akan menjelaskan Server Blade secara singkat. Server Blade adalah serve computer yang dipreteli dengan modular design yang dioptimalkan untuk meminimalkan penggunaan ruang fisik dan energy. Sedangkan standar rack-mount server dapat berfungsi dengan (minimal) sebuah kabel listrik dan kabel jaringan, server blade memiliki banyak komponen dihilangkan untuk menghemat ruang, meminimalkan konsumsi daya dan pertimbangan-pertimbangan lain, sementara masih memiliki semua komponen fungsional untuk dianggap sebagai komputer.
Dalam standar rak server-konfigurasi, 1RU (satu rak unit, 19 "[48 cm] lebar dan 1,75" [4,45 cm] tinggi) mendefinisikan ukuran mungkin minimum dari setiap peralatan. Manfaat utama dan pembenaran berkaitan dengan komputasi blade mengangkat pembatasan ini agar dapat mengurangi persyaratan ukuran.Komputer yang paling umum rak-faktor bentuk adalah 42U tinggi, yang membatasi jumlah perangkat komputer diskrit langsung mountable di rak dengan 42 komponen. Blades tidak memiliki keterbatasan ini; Seperti tahun 2009 [update], kepadatan hingga 128 per rak server terpisah dapat dicapai dengan generasi sekarang sistem blade. Sebuah Server Blade (sebagai lawan teoretis mesin Turing) hanya memerlukan:
·         I / O (input / output) untuk membaca perintah dan data, dan memberikan hasil akhir
·         Sebuah prosesor untuk melakukan perintah-perintah untuk memanipulasi data
·         Memori (misalnya, RAM) untuk menyimpan hasil antara  
·         Utilitas manajement untuk pengendalian langsung dari jarak jauh.

Seperti tahun 2009 [update] (kontras dengan pertama untuk tujuan umum komputer) ini diimplementasikan sebagai komponen listrik yang membutuhkan (DC) kekuasaan, yang menghasilkan panas. Komponen lain seperti hard drive, power suply, penyimpanan dan koneksi jaringan, antarmuka manusia perangkat keras (seperti keyboard, video, dan mouse, dll hanya mendukung fungsi komputasi dasar, namun menambahkan curah, dan memindahkan panas bagian yang lebih rentan terhadap kegagalan dari komponen solid-state. Dalam prakteknya, sistem mengharuskan semua komponen ini jika sebuah komputer adalah untuk melakukan pekerjaan di dunia nyata.
Dalam paradigma blade, sebagian besar fungsi-fungsi ini akan dihapus dari komputer blade server, yang juga disediakan oleh blade casing (misalnya catu daya DC) virtualisasi (misalnya iSCSI storage, remote console over IP) atau dibuang seluruhnya (misalnya serial ports). Blade itu sendiri menjadi jauh lebih sederhana, sehingga lebih kecil dan lebih murah untuk memproduksi(dalam teori). Blade Casing Berikut ini isi dari casing blade server secara keseluruhan menjadi lebih efesien. Spesifikasi layanan yang diberikan dapat bervariasi oleh vendor.
- Power (daya)
- Colling
- Networking
- Storage
- Other blades

Dalam dunia Server, ada dunia dalam teknologi-talk yang mungkin membingungkan manusia biasa mencoba untuk memahami dasar-dasar. Ketika pengupasan itu turun ke dasar, seseorang harus selalu fokus pertama pada persyaratan umum dan apa artinya dalam konteks mereka. Salah satu frase yang lebih umum dari kosakata di dunia komputer server, hari ini, adalah 'Blade server'.
Arsitektur pertama yang menjadi server blade, diciptakan oleh David Kirkeby dan Christopher Hipp. Secara umum, server blade adalah server komputer yang telah dibawa ke sebuah bentuk dasar dan desain modular, sehingga energi dan ruang diminimalkan dan disimpan. Cukup mudah untuk memahami, kan? Tapi bagaimana sebuah server blade dibandingkan dengan yang dari server komputer biasa?
Sebuah rak mount server standar biasanya dapat berfungsi dengan hanya kebutuhan untuk kabel jaringan dan sederhana kabel listrik (minimal), sedangkan Blade server memiliki banyak porsi dihapus untuk ruang disimpan. Namun, server blade masih dianggap sebagai komputer fungsional berjalan pada daya minimal. Sebuah server blade dianggap lebih efisien karena teknik tabungannya ruang, dan sekarang menjadi versi baru dan perbaikan dari rak server standar mount.
Bila diperlukan untuk memiliki sejumlah server blade, kandang pisau, yang memegang banyak server blade, digunakan. Sebuah kandang pisau dapat menyediakan sistem dengan solusi yang lebih baik untuk pendinginan, jaringan dan bahkan kekuasaan. Ketika beberapa pisau interkoneksi dalam kandang pisau, ini disebut sebagai 'sistem blade' lengkap.
Masalah utama yang pusat data datang untuk menghadapi saat tergantung pada server, adalah prosedur pendinginan untuk menjaga sistem mereka secara online. Blade server biasanya menghasilkan panas yang lebih sedikit daripada server rata-rata. Ini adalah berita bagus untuk teknisi TI diandalkan untuk menjaga sistem dan berjalan dua puluh empat jam sehari, dan tujuh hari seminggu.
Kebanyakan server menggunakan kecil sampai besar sistem kipas berukuran untuk mendinginkan diri. Sistem blade baru menggunakan sistem pendingin cair. Sistem-sistem pendingin baru cair konsisten menyesuaikan diri untuk memenuhi kebutuhan pendinginan dari sistem secara keseluruhan. Ini berarti kurang down time untuk pusat data.
Server blade, seperti produk lainnya, tidak memiliki semua solusi untuk bidangnya. Meskipun, ada beberapa cara di mana pencipta perangkat lunak pihak ketiga mulai untuk menghilangkan masalah-masalah dan menciptakan sebuah standarisasi secara keseluruhan. Hal ini sering terbukti bahwa sistem terbaik memiliki produk dengan vendor yang sama. Cara ini adalah sistem yang lebih konsisten dengan beberapa kelemahan dihilangkan oleh solusi piecing.

















BAB 3
PEMBAHASAN

3.1 Apa itu Blade Server?
By. Prabu Laksana, Riko Permana
https://lh3.googleusercontent.com/-6rRlJi_gxPg/TYhMBBX-_7I/AAAAAAAAANI/zJz8n9KqPco/s320/63231_server_blade_dell_poweredge_m600.jpg
Gambar 3.1 Rak Blade Serve
Blade server merupakan HAHD (High AvaiMabiMity High Density, ketersediaan tinggi high density), murah server platform untuk aplikasi industri tertentu dan lingkungan komputer yang dirancang kepadatan tinggi. Blade server merupakan server rak tradisional semua fitur yang fokus pada papan sirkuit dalam sangat padat dan kemudian dimasukkan ke dalam chassis. Blade server merupakan varian teknologi perangkat keras di area server technology sebagai solusi atas kebutuhan pasar server akan aspek compact (meminimalkan kebutuhan space), scalability (kemudahan dalam pengembangan), integrated operation (kemudahan dalam pengoperasian dan pengawasan), serta kolaborasi dengan teknologi virtualisasi. Seperti halnya dengan mouted-rack server, pasar Blade Server didominasi oleh produsen besar, antara lain HP, IBM, Dell, dan Fujitsu.
Server tipis, pertukaran panas, cocok dalam sasis tunggal seperti buku di rak - dan masing-masing server yang terpisah, dengan prosesor sendiri, memori, penyimpanan, pengendali jaringan, sistem operasi dan aplikasi. Blade server hanya slide kembali ke dalam kompartemen pada chassis dan cocok menjadi setengah piring koneksi atau lambat, pembagian kekuasaan, penggemar, drive floppy, switch, dan gateway untuk server Blade lainnya.

3.2 Keuntungan Blade Server

Keuntungan dari asrama Blade akan jelas kepada siapa pun dengan tugas bergerak ratusan pot dan kabel melalui rak hanya untuk menambah dan menghapus server. Dengan switch dan unit daya bersama, ruang berharga sedang dilancarkan - dan Blade server memungkinkan densitas yang lebih tinggi dengan mudah jauh lebih besar.

1.      Terjangkau

Kepadatan Dengan sejumlah besar pisau tinggi kinerja server dalam chassis tunggal, teknologi blade mencapai tingkat tinggi kepadatan. Perluasan lebih lanjut mungkin melalui modul opsional: kinerja dan kepadatan yang seimbang, memanfaatkan infrastruktur untuk pemanfaatan optimal.
Dan semua ini kinerja dan densitas sangat hemat biaya. Kepadatan meningkat berarti rak lebih sedikit. Lebih sedikit komponen adalah jumlah duplicated.The kabel berkurang secara dramatis, dalam beberapa kasus, switch dan unit distribusi tenaga listrik juga dalam jumlah yang lebih kecil. Kurang komponen berkontribusi pada total item yang lebih rendah yang mungkin memiliki bug atau perlu perbaikan, dan Skalabilitas modular membantu mendistribusikan biaya peralatan modal dari waktu ke waktu. Banyak biaya kehidupan sehari-hari - kebutuhan energi dan pendinginan, jam perakitan dan instalasi, cuplikan persegi ruang fisik - yang dirancang sehingga dapat dikurangi dengan arsitektur Blade.


2.      Mudah pemeliharaan

Semua komponen kritis dari sebuah server Blade dapat diubah menjadi berlebihan, pertukaran panas, termasuk: sistem pendingin, power supply, controller dan switch Ethernet, drive hard disk dan prosesor. Hapus server untuk pemeliharaan yang sederhana seperti menggeser Blade keluar dari chassis, yang sederhana seperti menghapus hotswap HDD dari server.
Blade server canggih yang menawarkan cara cerdas mendapatkan pemeliharaan kepekaan tinggi. Beberapa komponen dari server Blade dapat mengingatkan jam prosesor sistem manajemen atau bahkan hari sebelum kegagalan terjadi. Diagnostik canggih berjalan secara langsung pada server memungkinkan restorasi yang cepat dan efisien. Beberapa server Blade bahkan dapat dirancang sehingga Anda tidak memiliki satu titik kegagalan.

3.      Modular Skalabilitas

Blade server revolusioner karena naik ke atas tetapi tidak outward.Adding pisau baru hanya berarti bahwa Anda harus geser pisau di chasis atau modul dalam slot modul ke dalam chassis. Para desain modular teknologi Blade membuat skalabilitas memiliki kecepatan kilat.

4.      Ketersediaan fleksibel

Blade teknologi dirancang untuk menghilangkan keterbatasan yang ditetapkan oleh desain konvensional tua untuk server, di mana setiap server bisa menampung hanya satu jenis prosesor. Setiap Blade di casis sebenarnya server mandiri, menjalankan sistem operasi sendiri dan perangkat lunak. Para Sasis Blade dapat membawa campuran pisau, dengan kecepatan yang berbeda dan jenis prosesor. Dan teknologi ini berkembang pesat menawarkan perlindungan nyata untuk investasi untuk masa depan.

5.      Konsekuensi teknik

Manfaat yang segera, nyata, membuat teknologi Server Blade kontribusi penting untuk sebuah revolusi dalam penyelesaian ditujukan untuk komputasi on demand. Secara bersama-sama dengan teknologi cepat berkembang lainnya (komputasi grid, komputasi otonom, layanan Web, komputasi terdistribusi, dll).






3.3  Komponen Dasar Infrastruktur Blade Server
Berbeda dengan server konvensional, sebuah server (sering disebut dengan istilah bay) tidak dapat beroperasi tanpa  dukungan dari komponen-komponen Blade System lain. Berikut di bawah ini gambar sederhana sebuah infrastruktur Blade.
http://itwarriors.files.wordpress.com/2010/04/blade-system.jpg?w=455&h=234
Gambar 3.2  Infrasrtuktur Blade Server

  • Enclosure Chassis, adalah komponen utama infrastruktur Blade yang berfungsi sebagai “rumah” bagi komponen-komponen yang lain. Enclosure chassis tidak sebatas chasing, namun bertindak sebagai pengkoneksi antar komponen di dalam satu infrastruktur sistem Blade. Secara harfiah, fungsi Enclosure chassis dapat dianalogikan sebagai “motherboard” pada server konvensional. Enclosure Chassis tidak memiliki standarisasi dimensi di antara masing-masing produsen, misalnya HP C7000 memiliki ukuran 10 U dan berkapasitas maksimal 16 bay slot, berbeda dengan IBM BladeCenter H memiliki ukuran 9U/14 bay.
http://itwarriors.files.wordpress.com/2010/04/hp-bl460c.jpg?w=111&h=108
Gambar 3.3 IBM BladeCenter H memiliki ukuran 9U/14 bay.

  • Bay server, adalah istilah bagi server di infrastruktur Blade
  • Fan & Power Supply
  • Interconnect device, adalah komponen yang berfungsi sebagai media interkoneksi data antara infrastruktur sistem blade dengan devices (servers, storage, router, firewall,dsb) di luar enclosure chassis tersebut. Contoh interconnect device antara lain pass-through switch, fiber channel module, dsb.
  • Management module, adalah komponen I/O sebagai jalur koneksi utama dalam proses pengoperasian, perawatan, dan pengawasan sistem infrastruktur blade secara integral. Umumnya, produsen menyediakan fasilitas konsol web sebagai media untuk aktivitas operasional yang dilakukan oleh IT admin. Disarankan subnet untuk management module ini berbeda dengan subnet jaringan production sehingga aktivitas pengelolaan tidak membebani jaringan production, ataupun sebaliknya.
http://itwarriors.files.wordpress.com/2010/04/hp-ilo.jpg?w=300&h=167
Gambar 3.4 HP Blade System Cyboard Administrator

3.4  Pentingnya Blade server

Dibedakan menurut ukuran dan pengaturan, ada banyak jenis server di Data Center. Server Blade salah satu server yang paling terkenal. Mereka dirancang sedemikian rupa sehingga mereka memperoleh ruang minimal. Pergi terhadap server lain yang perlu bagian-bagian berat seperti kabel listrik dan kabel jaringan, server blade adalah gudang dengan hal yang tidak perlu dan hanya terdiri dari bagian penting. Pendinginan, jaringan dan kabel listrik saling berhubungan dalam Lampiran Blade. Server Blade baik di hosting yang normal dan Cloud.
Namun server Blade hot swappable jika Anda menempatkan lebih banyak tekanan pada Blade server mereka akan mulai bekerja di beban kerja yang beragam. Kemungkinan ukuran minimal untuk setiap konfigurasi memutuskan-rak standar 1RU. Server lain dibatasi untuk ukuran yakni 42U 42 komponen, sedangkan server blade don t memiliki pembatasan seperti itu. Memori untuk membaca data dan perintah input, Processor dalam rangka untuk mengontrol data, program Penyimpanan data adalah persyaratan hanya untuk Blade Server.
Sebagian besar peralatan yang tidak diinginkan baik tertutup di kandang Blade Server atau mereka menggunakan konsol virtual iSCSI atau remote melalui IP. Dalam Blade Server banyak bagian yang tidak diinginkan benar-benar dihapus. Oleh karena itu Blade Server menjadi jauh kecil dan lebih murah. Sebagian besar non-inti layanan komputasi yang dilakukan oleh kandang dari server blade. Jika Anda melihat server non-blade kebutuhan mereka akan terlihat luas dan berguna. Sebuah UPS dedicated satu-satunya sumber kekuasaan dalam sebagian besar konfigurasi server Blade, yang memasok DC ke beberapa kandang.
Dengan menerapkan sistem UPS didedikasikan sejumlah UPS dapat dikurangi, yang jika tidak diperlukan untuk catu daya fleksibel. Karena popularitas Blade Server, permintaan untuk rak mount server meningkat pesat. Server Blade pilihan yang baik untuk memotong biaya, karena mereka memerlukan sedikit daya dan juga menghemat banyak ruang. Sebagian besar usia Pusat data baru mengupdate server mereka untuk Blade Server.


3.5  Fungsi Blade Server

Menurut fungsi untuk menanggung server, blade server dibagi menjadi server pisau, pisau jaringan, penyimpanan pisau, pisau manajemen, serat saluran pisau SAN, diperpanjang I / O pisau, dll fungsi yang berbeda sesuai dari server blade. Berikut adalah beberapa jenis pisau untuk menggambarkan:

3.5.1 Jaringan pisau

Jaringan fungsionalitas sama dengan LAN switch blade. Umumnya tersedia port 10/100Mbps untuk menghubungkan server blades twisted pair eksternal kecepatan tinggi bahkan pada saluran (port Gigabit). Cara penyimpanan NAS menggunakan server blade dengan dua jaringan sering pisau, salah satu peralatan khusus digunakan untuk koneksi ke NAS. Setiap pisau 10/100/1000M mendukung koneksi Ethernet, dan dapat diinstal dalam 10/100/1000M beralih backplane 2-4 lapisan, sehingga sistem dapat diinstal di setiap slot pada blade dan beralih koneksi sampai dengan menyediakan switching IP berbasis jaringan.

3.5.2 Penyimpanan pisau

Penyimpanan pisau dapat dilihat sebagai modul hard disk, melalui bus backplane atau drive kabel interface ke blade server untuk menyediakan penyimpanan. Penyimpanan pisau umumnya dilengkapi dengan dua 90mm kinerja tinggi (3,5 inci) jenis interface hard drive IDE, SCSI dan Fibre Channel (Fiber Channel) interface.
Blade server harus tren dari konsolidasi "server sederhana" dapat diintegrasikan ke dalam pengembangan usaha penyimpanan, jaringan dan peralatan switching dalam komponen inti. Juga, karena pengelolaan server didistribusikan ganda untuk pisau akan fokus pada manajemen server, sehingga akan sangat mengurangi biaya manajemen staf TI. Untuk infrastruktur melalui penyederhanaan, beberapa tingkat sistem komputer (server, penyimpanan, jaringan, dll) dapat dikompresi untuk lebih efisien dan infrastruktur yang sederhana, proses tentu saja memerlukan mainframe, server blade dan terobosan teknologi grid.
Blade produk saat ini digunakan di vektor itu sudah berlebihan sistem pendingin, dan di masa depan akan menggunakan ruang yang lebih maju seperti tenggelam uap panas, kipas impeller melengkung (dengan Louver kembali blok film), sensor suhu dan Manajemen Modul pendingin sistem dan teknologi canggih lainnya.
Dalam beberapa tahun ke depan, dengan server blade standar seragam, pilihan harus blade server pisau apapun dapat diinstal ke dalam chassis yang sama, tetapi apakah itu didasarkan pada platform Intel menjalankan Linux, pisau, atau didasarkan pada PA-RISC platform, pisau menjalankan HP-UX atau AIX berbasis PowerPC platform untuk menjalankan pisau, dan produk pisau lainnya.









BAB 4
KESIMPULAN

Blade server merupakan HAHD (High AvaiMabiMity High Density, ketersediaan tinggi high density), murah server platform untuk aplikasi industri tertentu dan lingkungan komputer yang dirancang kepadatan tinggi. Blade server merupakan server rak tradisional semua fitur yang fokus pada papan sirkuit dalam sangat padat dan kemudian dimasukkan ke dalam chassis.
Pada dasarnya, server pisau kartu pada server: komputer single-board berisi sistem lengkap, termasuk prosesor, memori, koneksi jaringan dan elektronik yang terkait. Jika beberapa blade server ke dalam rak atau lemari pesawat, maka rak atau lemari dapat berbagi infrastruktur, tetapi juga memiliki redundansi.
Setiap bagian dari "blade" sebenarnya sebuah papan sistem, masing-masing dewan melalui hard disk lokal untuk menjalankan sistem operasi sendiri, mirip dengan server terpisah. Menggunakan perangkat lunak manajemen, mereka bisa berkumpul dalam cluster motherboard server. Dalam modus cluster, semua papan dapat dihubungkan bersama-sama untuk menyediakan lingkungan jaringan berkecepatan tinggi untuk berbagi sumber daya dan layanan bagi kelompok-kelompok pengguna yang berbeda. Diakui keuntungan dari server-server blade adalah server cluster dua untuk mengatasi kekurangan dari chip, yang lain dioptimalkan untuk mencapai kabinet.
Keuntungan Blade Server :
1.      Terjangkau
2.      Mudah Pemeliharaan
3.      Modular Skalabilitas
4.      Ketersediaan fleksibel
5.      Konsekuensi teknik

Server blade, seperti produk lainnya, tidak memiliki semua solusi untuk bidangnya. Meskipun, ada beberapa cara di mana pencipta perangkat lunak pihak ketiga mulai untuk menghilangkan masalah-masalah dan menciptakan sebuah standarisasi secara keseluruhan. Hal ini sering terbukti bahwa sistem terbaik memiliki produk dengan vendor yang sama. Cara ini adalah sistem yang lebih konsisten dengan beberapa kelemahan dihilangkan oleh solusi piecing.
Dalam paradigma blade, sebagian besar fungsi-fungsi ini akan dihapus dari komputer blade server, yang juga disediakan oleh blade casing (misalnya catu daya DC) virtualisasi (misalnya iSCSI storage, remote console over IP) atau dibuang seluruhnya (misalnya serial ports). Blade itu sendiri menjadi jauh lebih sederhana, sehingga lebih kecil dan lebih murah untuk memproduksi(dalam teori). Blade Casing Berikut ini isi dari casing blade server secara keseluruhan menjadi lebih efesien. Spesifikasi layanan yang diberikan dapat bervariasi oleh vendor.
- Power (daya)
- Colling
- Networking
- Storage
- Other blades













0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More