Saturday, April 2, 2011

Tugas Metodologi Penelitian


  1.  Latar belakang
Dengan semakin berkembangnya kebutuhan masyarakat di bidang pendidikan,ekonomi, bidang politik, bidang sosial dan semua bidang dari unsur kehidupan membuat masyarakat tersebuat memerlukan referensi untuk dapat memperdalami dan mencari informasi di bidang tersebut, sehinga penyedia jasa peminjaman buku merupakan sarana yang banyak digunakan oleh masyarakat dalam pencarian referensi tersebut. Oleh karena itu penyedia jasa peminjaman buku semakin giat untuk mencarikan dan menyediakan buku-buku yang di perlukan semua kalangan masyarakat tersebut. Namun dalam pelayanannya masih menggunakan cara yang manual dan sangat sederhana, sehingga data-data yang disimpan terkadang hilang atau rusak serta tidak jarang menimbulkan komplain dari para pelanggan. Untuk itu perlu adanya perincian yang jelas dan menggunakan sistim informasi yang bisa melakukan pencarian buku secara cepat berdasarkan katagori dan melakukan pencatatan dan pembuatan sebuah laporan sehingga proses dalam melayani masyarakat dalam hal pinjam-meminjam buku semakin mudah, semakin cepat dan terogranisir. Untuk itu kami mengangkat tema ini dalam penelitian ini.

  1. Metode penelitian

Dalam pengumpulan data, akan digunakan beberapa metode untuk menentukan
kebutuhan sistem yang akan dibangun. Adapun metode yang digunakan adalah:
1. Metode Observasi
Observasi merupakan metode yang digunakan untuk mengumpulkan
data dengan cara melakukan pengamatan secara langsung terhadap
semua aktivitas objek penelitian.

2. Metode Wawancara
Metode pengumpulan data dengan cara tanya jawab secara langsung
dengan sumber–sumber yang terkait.
3. Metode Kearsipan
Merupakan metode pengumpulan data berdasarkan arsip atau dokumen
yang berhubungan dengan permasalahan yang menjadi bahan
penelitian.

  1. landasan teori
the Menthor,1986 dalam buku black hacker vs white hacker mengatakan “kamu bisa mengerjakan satu dalam satu waktu, tetapi kamu tidak bisa menggerjakan semua dalam dalam satu waktu”
pernyataan ini memberikan motovasi bahwa manusia harus mencari solusi dan membuat sistim untuk membuktikan bahwa pernyataan itu adalah salah.


  1. rumusan masalah
  1. penelitian ini bertujuan untuk mengatahui perbandingan antara pengolahan sistim peminjaman pusataka secara manual dengan komputasi
  2. bagaimana mengolah sistim perpustakaan yang cepat dan akurat
  3. penelitian ini juga bertujuan untuk membantu

  1. Perumusah hipotesis
a. kesimpulan kami yang pertama adalah bahwa penggunaan sistim komputasi lebih cepat dan lebih efisien
b. dengan adanya sistim informasi perpustakaan, pihak pustaka akan lebih mudah dalam pembuatan laporan, pembuatan kartu tanda keanggotaan perpustakaan.


0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More